Close

Kehidupan Kampus?

Wawasan semakin luas, pengalaman bertambah, skill juga akan semakin berkembang tentunya.


Sudah lama sekali sejak tulisan terakhir saya di blog ini terbit. Lebih tepatnya 31 Desember 2016. Iya, empat tahun adalah waktu yang cukup lama untuk berproses dalam kehidupan kampus di UNS Solo. Sejak saat itu saya jadi jarang sekali menulis di blog yang sekarang ini sudah saya migrasikan ke website pribadi saya hehe.

Senang rasanya ketika embel-embel wordpress di situs saya hilang. Satu tahun yang lalu, saya otodidak mempelajari migrasi dari blog yang cukup instan menjadi website pribadi. Puas dan bangga rasanya ketika website ini sudah bisa dinikmati oleh pembaca semua.

Lalu, selama empat tahun itu saya menghilang kemana? Bukan menghilang, lebih tepatnya saya belajar kehidupan di dunia nyata. Tidak mudah untuk akhirnya saya memutuskan mengunci wordpress saya, kala itu banyak sekali pertimbangan salah satunya tidak memiliki cukup banyak waktu untuk menulis dalam paragraf yang banyak. Hobi menulis saya terkikis ketika saya mulai aktif organisasi.

Apakah selama itu saya tidak menulis? Tentu saja masih menulis, melalui notes di HP ataupun saya juga membuat cerita pendek di beberapa aplikasi menulis dengan menggunakan akun anonim tentunya. Saya juga menuangkan beberapa keresahan ataupun curahan hati saya di akun facebook hehehe.

Berbicara tentang kehidupan kampus, selama empat tahun banyak sekai pengalaman berharga yang saya dapatkan. Terlebih ketika saya mulai bergabung di Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (BEM UNS). Disana saya mendapatkan ilmu, wawasan yang luas, teman, dan juga pengalaman yang menarik sekali untuk dibagikan.

Saking betahnya saya di organisasi tersebut, di tahun kedua sayapun memutuskan untuk bergabung kembali. Di periode yang kedua inilah saya berkembang dengan sangat pesat, baik pola pikir maupun sikap, karena kementerian yang saya ambil cukup familiar dan sangat sesuai dengan diri saya hihi. Saya sempat diberi amanah untuk menjadi koordinator Tim Kreatif dalam Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru yang disingkat PKKMB UNS 2018 dengan tagline Golden Generation.

Dalam keberjalanan di kampus saya juga menemukan banyak teman diluar fakultas bahkan diluar kampus dari organisasi yang saya ikuti. Mendapat banyak teman, otomatis akan menambah pengalaman juga. Wawasan semakin luas, pengalaman bertambah, skill juga akan semakin berkembang tentunya.

Setelah demisioner dari BEM UNS 2018 yang penuh kontroversi, saya mengisi waktu luang dengan mengikuti program magang di Telkomsel Apprentice Program Solo (TAP Solo Batch 4) selama kurang lebih 3 bulan sampai awal tahun 2019. Disana saya bergabung dalam tim media dengan jobdesc membuat beberapa project untuk kebutuhan konten di media sosial salah satunya disini.

Selepas itu, saya kembali lagi fokus dalam kehidupan kampus untuk memenuhi 2 sks paling mahal yang sangat dinantikan oleh mahasiswa dengan hobi jalan seperti saya. Benar sekali, Kuliah Kerja Nyata atau disingkat KKN. Jalur mandiri adalah pilihan yang paling tepat untuk mengabdi diluar Jawa. Saya mengikuti berbagai proses seleksi KKN ternama di UNS mulai dari Sumba, Wakatobi, dan yang menjadi incaran saya adalah Banda Neira. Setelah seleksi itu terlewati, akhirnya saya diterima di tim KKN Wakatobi dan Banda Neira. Dengan sangat yakin, saya memilih menjadi bagian dari Tim KKN UNS 2019 Banda Neira Bercerita Batch #7. Sebuah perjalanan panjang yang tak akan saya lupakan, karena disini saya mendapatkan banyak sekali pelajaran hidup.

Lalu bagaimana dengan tahun ini? 2020 adalah tahun yang berat. Harusnya saya telah menyelesaikan skripsi, akan tetapi kemungkinan besar belum selesai di tahun ini, karena saya telah memutuskan untuk ganti konsentrasi dari Hukum Tata Negara menjadi Hukum Perdata. Menjalani semester 9 yang tidak pernah menjadi rencana kehidupan kampus saya memang cukup berat, terlebih saya masih mengambil satu mata kuliah konsentrasi perdata untuk memenuhi syarat sidang skripsi.

Yah begitulah ulasan empat tahun saya dalam menulis cerita. Banyak pengalaman yang mungkin akan saya ceritakan di postingan tersendiri, seperti perjalanan menuju Ranu Kumbolo, Teror Hantu UNS, hingga pengalaman horror selama KKN hehe.

Sekian dulu, terimakasih telah membaca.

1 thought on “Kehidupan Kampus?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *