Close

Wajah Baru BEM UNS 2016, ada siapa?

Bagas? Sudah pasti dia lolos dan masuk di Kementrian Bina Desa.

 

Sore itu langit mendung, tak lama kemudian hujan turun membasahi kota Solo ini. Sore itu pula saya berada di kost salah satu teman saya bernama Indra. Seperti biasanya, kos yang kami jadikan sebagai basecamp ini selalu ramai. Maklum, isinya celotehan anak muda yang memiliki otak penuh ide gila. Saya yakin, kalau ada penghargaan kamar terberisik, kamar Indra-lah yang jadi pemenangnya! hahaha.

Sore itu, salah satu teman saya bernama Bagas berceloteh tentang oprec (open recruitment/perekrutan) BEM UNS. Ya, dia telah mendaftar untuk ikut seleksi BEM (e dibaca seperti tempe). BEM adalah singkatan dari Badan Eksekutif Mahasiswa. Namanya eksekutif, sudah pasti organisasi ini menjadi yang paling bergengsi di kampus manapun. Jika dalam pemerintahan, BEM itu layaknya Presiden dan Wakil Presiden beserta menteri-menterinya yang bertugas untuk melaksanakan atau menerapkan undang-undang.

Awalnya saya tak ada rencana mengikuti seleksi BEM univ, karena saya pikir saya belum siap untuk show off di kampus ini. Saya merasa masih memiliki kekurangan yang harus diperbaiki. Akan tetapi, saya juga memiliki keinginan untuk berkontribusi di kampus ini agar menjadi lebih baik. Pikiran saya mengatakan iya, tapi tidak dengan nyali saya. Saya merasa masih kurang cakap dalam berbicara.

Semua berawal dari Bagas! Dia yang memotivasi saya untuk mencoba, membuktikan, dan berproses. Oh thanks god, has given me the fvckin’ best friend! Sahabat saya yang satu ini memang t.o.p.b.g.t. hahaha. Saya dilatihnya untuk berani berbicara, tak hanya pandai menulis cerita seperti ini. Saya diharuskan untuk mampu menunjukkan dan mengeluarkan bakat dan kemampuan yang saya miliki dihadapan pewawancara. Bagas sangat yakin saya bias, saya memiliki kemampuan itu!

Beberapa hari setelahnya, tepatnya hari Jumat (16 Desember 2016) screening dilaksanakan. Niatnya saya dan Bagas akan screening pagi hari pukul 09.00, tapi salah satu syarat untuk screening milik saya belum ada, yep resensi buku terakhir yang dibaca. Akhirnya kami memutuskan untuk screening setelah shalat Jumat. Selesai sholat Jumat, Bagas ternyata langsung screening bersama Dea karena dia sudah menunggu cukup lama. Rasa mager muncul, ditambah lagi saya akan renang sore nanti pukul 16.00 bersama Indra.

Kembali lagi bersumber dari toxin positif anak Medan bernama Bagas. Dialah yang mendorong saya untuk mengikuti screening hari itu. Untuk apa saya sudah berlatih, bicara, bahkan saya sudah meresensi buku setebal 177 halaman, tapi saya tak punya nyali untuk show off my skill. Darinya, saya sadar dan ingin menghargai karena telah melakukan pengorbanan waktuya untuk mengajari saya menghadapi atau lebih tepatnya menjaga attitude didepan orang.

Sebelum berenang, saya memutuskan untuk screening. Keputusan ini sudah bulat. Kalaupun nantinya saya tidak lolos, setidaknya resensi buku bisa saya publikasikan di blog agar tidak mubaziir. Saat saya sampai porsima untuk screening, ternyata antri buanyak buanget. Tak mungkin saya antri sebanyak itu, karena saya akan renang. Saya memutuskan untuk renang dahulu kemudian ke porsima untuk screening, and its work guys!

Yep, saya mengikuti screening setelah renang. Walaupun sebelumnya telah antri beberapa menit, akhirnya dengan penuh percaya diri saya menjawab semua pertanyaan-pertanyaan screener dengan sigap. Kebetulan yang menjadi screener saya langsung dari menteri PSDM, yaitu Mas Yasin dari Pend. Dokter angkatan 2014.

4 Hari kemudian, tepatnya hari Selasa (20 Desember 2016) pukul 20:00  Wajah Baru BEM UNS 2016 diumumkan. Bagas? Sudahpasti dia masuk; tepatnya di Kementrian Bina Desa. Saya tidak berharap banyak dengan hasilnya. Yang penting saya sudah berani mengikuti seleksinya. Lolos Alkhamdulillah, tidak Ya Sudahlah. Toh saya sudah mendapat banyak pelajaran dari proses seleksi itu.

But wait… PAGE 14, THE LAST NAME?! WHO THE HELL IS IT?

vskdubval_li

KEMENTERIAN KOORDINATOR KEMAHASISWAAN

KAJIAN KEBIJAKAN KAMPUS

Alkhamdulillah, semoga bisa menjalankan tugas dan amanah dengan baik. Terimakasih Yaa Rabb.

 

2 thoughts on “Wajah Baru BEM UNS 2016, ada siapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *