Close

Review Buku Think Fresh!

Akhirnya waktu yang ditunggu telah tiba, buku Think Fresh! yang saya pesan telah sampai di kosan tadi sore. Walaupun kurir dari Lion Parcel sempat salah alamat, tapi akhirnya buku itupun sampai ditangan saya. Tak salah memang kata orang bahwa Lion Parcel adalah jasa pengiriman tercepat karena hanya memerlukan waktu 1 hari saja sampai paket yang anda kirimkan ada ditangan anda.

Yaps, setelah sekian minggu menghilang akhirnya bisa ngpost lagi di blog ini. Kali ini saya akan meresensi atau bahasa kerennya review buku karya Danny Oei W yang berjudul Think Fresh!

2930408_20160923021711

Sekilas, buku itu tampak biasa-biasa saja. Ukurannya lebih kecil dari ukuran novel-novel yang biasa saya baca. Pas digenggam di telapak tangan dan ringan seperti konten di dalamnya.

Saat melihat isinya…Ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi saya. Ya! Buku ini jauh, sangat jauh dari yang saya kira. Lebih dari yang saya harapkan. Isi buku yang mudah dipahami dan desainnya yang sangat menarik menjadikan saya puas dengan harga segitu. Selain itu dalam buku ini juga disertai dengan ilustrasi yang unik, menjadikan buku ini masuk kategori bacaan ringan dan mudah dipahami.

Review buku Think Fresh! oleh Anwar Salis Ma’sum

 

Judul Buku      : Think Fresh!

Pengarang       : Danny Oei Wirianto

Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan           : Cetakan Pertama, September 2016

I. Fundamental

  1. Passion is the source of energy.

Passion atau minat adalah kecintaan kita terhadap sesuatu, termasuk pekerjaan. Sifatnya membara, ibarat bensin yang membakar semangat kita untuk berkarya. Dan pada akhirnya, semangat inilah yang akan menumbuhkan semangat-semangat untuk berkarya kepada orang lain.

  1. DO what you love and love what you do.

Kita hidup hanya satu kali, waktu tak dapat diputar ulang. Sementara kita seringkali tidak sadar bahwa pekerjaan akan menyita setengah dari kehidupan kita. Life is short, have fun with our job!

  1. Be curious.

Rasa ingin tahu akan mendorong kita untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan membuat kita berani melakukan hal-hal baru. Karena itu, teruslah berusaha menumbuhkan sifat penasaran dalam diri kita.

  1. Be like a child

Anak kecil tidak terlalu memikirkan resiko ketika mereka melakukan sesuatu ataupun mengambil keputusan. Mereka selalu berpikir positif dengan apa yang mereka lakukan. Begitulah seharusnya mindset kita, jangan pernah berpikir tentang kegagalan. 

  1. It’s OK to feel stupid.

Seperti anak kecil yang tidak pernah lelah untuk bertanya sesuatu yang baru dan mempelajarinya setiap hari agar mereka berkembang. So, jangan pernah takut untuk bertanya, karenya banyak tanya bukan berati kita bodoh. Justru ketika kita sudah merasa pintar, maka saat itulah kita perlu belajar untuk menambah pengetahuan kita. Because knowledge is the root of science!

  1. What made us.

Nasib manusia ada di tangannya sendiri. Takdir kitalah yang ada di tangan Tuhan. Soal kita akan menjadi kaya atau miskin, bahagia atau tidak, itu berada di tangan kita sendiri dan lingkunganlah yang sangat mempengaruhi kita. Surround yourself with positive people.

  1. You are what you did.

Pikiran-pikiran atau perbuatan-perbuatan yang kita lakukan sejak kita kecil hingga sekarang itulah yang membentuk diri kita. Orang disekitar kitapun akan mengenal kita dari kebiasaan dan perbuatan yang telah kita lakukan.

  1. Be like water.

Air mampu beradaptasi dalam segala lingkungan. Air menyesuaikan bentuknya dengan tempat dia berada. Begitulah sikap kita seharusnya, mudah beradaptasi dengan segala situasi dan kondisi.

II. Creative Thinking

  1. Get inspired.

Inspirasi untuk mendapatkan ide-ide segar bisa kita peroleh dengan banyak bertanya, berdiskusi dengan banyak orang, membaca buku dan majalah, melakukan hal-hal baru, atau mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah kita lihat. Learn from your surrounding.

 

 

  1. Problem solving.

Ketika ada lima masalah yang kita  ibaratkan tembok berjajar, kita tidak bisa langsung melompat melewati tembok terakhir. Kita harus menyelesaikan tembok pertama, kedua, hingga terakhir. Don’t focus on the problem. Focus finding on the answer.

  1. Boxless.

“Think outside of the box”. Kalimat itu sering kita dengar, tapi pada kenyataannya tidak ada kotak dalam hidup kita. Jadi lebih baik jika kita mengatakan, “Think outside of our environment.”

  1. Dare yourself to do crazy stuff.

Because the people who are crazy enough to think they can change the world, are the ones who do!

  1. The source of innovation.

Pada dasarnya inovasi lahir dari rasa penasaran manusia dan dapat tercipta melalui beberapa cara. Kita bisa mengamati, kemudian meniru dan memodifikasi sesuatu agar lebih efisien. Kita juga bisa mengeksplorasi ide atau imajinasi kemudian melakukan percobaan dan menemukan hal baru, itulah inovasi.

 

III. Positive Minds

  1. I’m possible.

Kita berpikir suatu pekerjaan akan sulit dan tidak mungkin dilakukan karena kita tidak mau berusaha. Kita menjadi malas melakukannya. Padahal ketika kita berpikir sebaliknya, kita akan terpacu untuk melakukan pekerjaan itu. Kita bisa mengubah “IMPOSSIBLE” menjadi “I’M POSSIBLE” (I AM POSSIBLE). Think positive, believe that everything is possible!

  1. Believe to be believed.

Kepercayaan diri lahir karena adanya pencapaian, pujian atas karya kita, serta dukungan moral yang kita peroleh dari orang di sekitar kita. Kepercayaan diri juga akan timbul jika kita sering mengerjakan sesuatu hal dan telah berlatih sebanyak mungkin. If you don’t believe in yourself, no one else will.

  1. No one can make you better except yourself.

Tak ada seorangpun di dunia ini yang bisa menghentikan kita untuk meraih mimpi, kecuali diri kita sendiri. Pada intinya, keberanian dan usaha kita untuk majulah yang akna menentukan nasib kita.

  1. The power of imagination.

Imagination make us infinite. Future is an unknown territory. You will only go as far as you think you can go.

  1. Every person has a part of contribution.

Sebagia manusia dan pekerja, hal sekecil apapun yang kita lakukan akan memberi dampak bagi diri kita, orang lain dan lingkungan kita. Don’t let anything discourage you.

  1. Know your strengths and weaknesses

Mengetahui kelemahan diri sendiri terkadang membuat manusia membatasi dirinya dengan rasa takut. Padahal sebenarnya, dengan mengetahui kelemahan diri sendiri, seharusnya terpacu untuk menjadi lebih baik dan termotivasi mengembangkan diri.

  1. Worry less

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan ketika ada orang yang menilai kekurangan kita, itu tidak masalah, karena mereka memiliki hak untuk berpikir dan berbicara sekehendak mereka. Akan tetapi, jika kita terlalu memikirkan pemikiran orang terhadap kita, justru itu yang akna membuat kita down. Kembali saja ke konsep, In this world, nobody’s perfect!

IV. Integrity

  1. Yes man is an evil man.

Saying “NO” doesn’t always mean negative.

  1. You are who you are.

People will love you for who you are.

  1. Greater purpose.

To exist just for yourself is meaningless.

 

  1. Be happy or go home.

Menyenangkan orang lain adalah hal yang baik. Tetapi, jangan sampai hal itu membuat diri kita melupakan diri sendiri. Kitapun berhak untuk bahagia. Your happiness is not measured only by one moment.

  1. Stand up for your believe.

Rumput ibarat seseorang yag mengikuti pendapat orang banyak. Dia dapat bertahan hidup tetapi tak bisa mencapai tempat yang tinggi. Sementara, bamboo ibarat orang yang memiliki prinsip sehingga lebih banyak kesempatan untuk meraih posisi yang lebih tinggi. Have faith in yourself, decide on what you think is right and stick to it.

  1. Know your limits.

Jika kita mengambil semua kesempatan kerja yang datang kepada kita dan kita tidak bisa menyelesaikannya dengan baik dan berkualitas, maka kita hanya akan mengecewakan orang lain. Pada akhirnya, hal itu akan merusak kredibilitas kita. Anything excessive will become poison!!!

  1. Jack of all trade, master of none.

Fokus pada satu bidang dan menjadi ahlinya lebih baik daripada mempelajari semua bidang tetapi tidak ahli dalam hal apapun. You can do anything but you cannot do everything.

V. The Attitudes

  1. Couch potato.

Lazziness will only punish you with failure and the success of others.

  1. Attitude is altitude.

Banyak orang sukses yang lupa diri dan menjadi sombong, padahal, kesombongsn hanya menghambat mereka untuk maju dan lebih sukses. Sebaliknya, orang yang rendah hati justru akan dipandang lebih tinggi oleh masyarakat. Keep a good attitude.

 

 

  1. Control your ambition to win.

Setiap orang dapat menciptakan masa depan bagi dirinya sendiri dan memilih untuk menjadi hebat pada bidang yang ia pilih. Winning requires is commitment discipline and lots of practices!

  1. Control your emotion.

Control your emotion or it will control you!!!

  1. Control your ego.

Don’t let your ego blind you!.

  1. Discipline is what make you stand out.

A person will be remembered by their credibility and good deeds, not by their fortune.

  1. What you see is not what you think.

Respect first in order to be respected.

  1. Listen before talk.

Nothing we say will teach us anything. We learn and earn respect when we listen.

  1. Nothing is too small.

Jangan pernah menyepelekan hal-hal kecil, karena bisa jadi itu akan menjadi bagian dari sebuah puzzle yang besar. God is in the details.

  1. Humility = Humble + Confident.

Orang pintar bukanlah orang yang sok tahu. Jika kita tidak tahu tentang suatu hal, akui saja bahwa kita tidak tahu, tetapi bisa mencari tahu.

  1. Feeling bad?

Kita boleh bersikap baik pada orang lain. Tetapi, kita pun harus tegas dan memiliki rasa tanggung jawab demi kepentingan bersama.

  1. Give and forget, receive and remember.

Happiness is not something ready made. It comes from your own action.

 

 

 

VI. Go into Action 

  1. Instant success.

Perfection doesn’t come an instant.

  1. Make a decision

The worst decision is not to make a decision.

  1. Idea without action is daydreaming.

Doing nothing gets you nothing.

  1. Push the boundaries.

Impossible is nothing (Adidas). Just do it! (Nike.inc)

  1. It’s OK to lose, Winner!

Setiap juara pasti pernah kalah. Bedanya dengan pecundang, mereka mampu mengubah kegagalan menjadi energy positif yang memacu dirinya untuk menang. Winning isn’t everything, but wanting to win is”.

  1. Persistance is the king.

Dalam perjalanan hidup, kita pasti akan bertemu dengan orang yang akan mengatakan bahwa hal yang kita lakukan salah. Itulah yang membuat kita ragu untuk melanjutkan langkah. If someone is strong enough to bring you down, show them you are strong enough to get up! Never Give Up!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *